Tips dan Taktik Mengelola Toko Sehat (2)

Tips dan Taktik Mengelola Toko Sehat

D. Promosi

Pengusaha kecil umumnya menganggap promosi tidak perlu, karena memakan biaya besar. Mereka masih cenderung mengunakan cara-cara konvensional seperti melalui mulut ke mulut. Sehingga jangkauannya tidak bisa meluas dan kurang tercapainya target market yang sebenarnya sangat potensial. Promosi tidak harus identik dengan iklan di TV, koran atau radio. Ada banyak hal yang bisa dilakukan penjual untuk menarik minat pembeli diantaranya:

  1. Brosur atau pamphlet yang disebar ditempat-tempat strategis dan sesuai dengan target market Anda. Seperti di pasar, pinggir jalan, komplek perumahan, sekolah, dll.
  2. Buat papan nama atau identitas yang jelas di depan toko Anda. Usahakan papan nama, banner ataupun jenis identitas lain tersebut mudah terjangkau oleh pandangan orang-orang yang lewat, menarik, jelas dan eye chatching. Misalnya dengan konsep yang menarik, unik. Pemilihan warna-warna yang kontras dan mencolok. Buatlah semenarik mungkin, untuk menciptakan kesan pertama yang baik pada pelanggan.
  3. Promosi penjualan, yaitu memberikan insentif atau nilai tambah jangka pendek kepada pelanggan, seperti diskon, merchandise, beli 2 gratis 1, dan lain sebagainya yang membuat pelanggan senang dan loyal terhadap barang dagangan Anda.
  4. Salesforce (armada penjualan). Jangan takut untuk menjemput bola, kerahkan satu atau dua pelanggan anda untuk keluar dari toko untuk menjual dan mempromosikan produk yang Anda jual. Tujuannya adalah agar jangkauan usaha kita menjadi lebih luas. Dan tidak sedikit pula pelanggan yang lebih senang di datangi, dari pada harus datang sendiri ke toko.
  5. Menjadi sponsor kegiatan. Ikutlah andil dalam kegiatan masyarakat. Misalnya menjadi sponsor acara 17-an, Maulid Nabi, atau hari-hari besar lain. Sponsor bisa berbentuk apapun, uang atau barang. Mintalah kepada panitia untuk mencantumkan nama usaha kita pada spanduk atau media-media lain yang terjangkau oleh masyarakat. Hal ini bisa menjadi media promosi yang sangat efektif karena menyentuh masyarakat secara langsung.
  6. Iklan Radio, koran atau TV, jika sumber dana memungkinkan. Media-media ini dimaksudkan untuk jangkauan yang lebih luas lagi, tentunya Anda juga harus siap dari segi persediaan barang dan distribusi. Jangan sampai ketika respon masyarakat sudah bagus, Anda malah belum siap tempur, sehingga pelanggan menjadi kecewa. Jika memang memungkinkan, alokasikanlah sejumlah dana yang memang khusus untuk promosi di media-media tertentu secara berkala.

 

E. Pengawasan dan Evaluasi

Pengawasan dan kontrol menjadi sangat penting. Itu adalah tugas Anda sebagai pemilik usaha. Anda boleh mempekerjakan banyak karyawan yang bertanggung jawab di bidangnya masing-masing, tapi peganglah sistem kontrol di tangan Anda dan jangan menyerahkannya kepada orang lain. Pengawasan dimaksudkan agar semua kegiatan usaha berjalan dengan semestinya. Untuk mengevaluasi dan memperbaiki jika ada kesalahan dan kekurangan, kemudian menjadikannya lebih baik. Evaluasi juga dapat dijadikan alat untuk mengambil keputusan. Misalnya ingin membuka cabang, menambah varian produk, menambah modal dan lain sebagainya.

 

F. Tenaga Kerja

Pekerjakanlah karyawan sesuai dengan kebutuhan toko Anda. Didiklah mereka sebaik-baiknya mengenai tata cara melayani pelanggan dan juga informasi tentang barang dagangan yang Anda jual sedetail mungkin. Karyawan adalah garda depan usaha Anda, merekalah salah satu faktor yg membuat pelanggan jadi membeli barang atau tidak, serta puas atau tidak. Jelaskan kewajiban serta job description mereka sehingga tidak saling mengandalkan. Hargai hak-hak mereka, seperti upah yang layak, waktu libur dan istirahat, waktu beribadah, dan lain sebagainya. Pemilik dan karyawan adalah mitra yang saling membutuhkan. Buatlah suasana nyaman dan kekeluargaan. Sering-seringlah mengevaluasi kinerja mereka. Alangkah baiknya jika Anda memberikan reward atau insentif bagi karyawan yang berprestasi dan memenuhi target.

 

G. Berbagi Dengan Sesama

Pada akhirnya kesuksesan seseorang itu bukan dinilai dari seberapa besar materi yang ia miliki, melainkan diukur dari bagaimana ia mampu berbagi dan bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Tetaplah berbagi dengan sesama dan memperhatikan yg lemah. Dijamin seratus persen usaha kita akan lebih berkah dan sukses. Tak ada harta yang berkurang dari zakat dan shodaqoh yang kita keluarkan, itu sudah janji Sang Pencipta.

 

Selamat membuka dan mengelola toko Anda secara sehat. Jangan pernah takut gagal dan berhenti belajar. Cari terus peluang dari potensi-potensi yang dimiliki, bijaksanalah dalam hidup. Insyaallah toko kita akan maju terus, bercabang-cabang dan bertambah berkah. Semoga bermanfaat 🙂

Penulis: Chalifah Rum Assidiqie

Untuk pengelolaan toko lebih professional gunakan juga Software Aplikasi untuk pengelolaan toko, mengelola toko lebih mudah lebih professional lebih terkontrol.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *